Cara Kalibrasi Baterai iPhone yang Baik

Cara Kalibrasi Baterai iPhone yang Baik – Setiap smartphone p[asti sangat bergantung dengan yang namanya baterai. Karena baterai adalh sumber daya kehidupan perangkat gadget. Seperti smartphone , Laptop bahkan perangkat elekronik lain yang serupa.

Dan tentu seperti kita ketahui biasanya baterai memiliki masa baterai yang terbatas. Atau biasa kita sebut usia baterai. Begitu juga dengan baterai iPhone, semakin lama digunakan, maka semakin memiliki umur dan otomatis semakin lama semakin berkurang daya hidupnya.

Terkadang, jika baterai iphone sedang bermasalah. Kita sebagi pengguna dan pemakai akan merasa jengkel. Namun biasanya penyebabny juga karena kebiasaan buruk yang sering kita lakukan. Seperti sering pasang copot charger, memainkan iphone ketika sedang di charging berlangsung. Atau memang faktor umur baterai yang lama digunakan dan bisa dibilang tua.

Sehingga sering menyebakan Indikator persentase baterai Iphone pun sering mengalami yang namanya error. Contohnya begini, kapasitas baterai iphone aslinya adalah 50% tetapi indikator menyatakan tinggal 40%. Saat inilah dibutuhkan proses kalibrasi baterai.

Lalu Apa itu Kalibrasi Baterai? Sebenarnya Pengertian dari Kalibrasi baterai adalah metode atau langkah untuk menyegarkan kembali indikator kondisi baterai yang menjadi penyebab persentase baterai error.

Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Iphone

Kalibrasi Baterai Iphone

Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Iphone yang Baik

Untuk metode kalibrasi baterai sendiri sangat cukup mudah dilakukan. Silahkan langsungKamu bisa langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Kosongkan baterai iPhone hingga kosong. Bila perlu iphone mati Karena kehabisan baterai!
  2. Diamkan beberapa menit, lalu charge ulang Iphone hingga penuhi. Pastikan lakukan dalam sekali charge tanpa copot pasang charger
  3. Kemudian setelah baterai terisi penuh, cabutlah kabel Lightning USB Iphone terlebih dulu. Baru kemudian barulah cabutlah kepala charger dari stop kontak.
  4. Segera hidupkan dan Gunakan iPhone untuk beraktivitas hingga baterainya habis kembali.
  5. Setelah itu lakukan isi ulang kembali, dan seperti cara ketiga isi baterai iPhone hingga benar-benar penuh seperti metode yang di atas.
  6. Dan proses kalibrasi sudah dibilang selesai. Silahkan gunakan iphone seperti biasa.

Tips-tips seputar Melakukn Kalibrasi Baterai

Setelah mengkalibrasi baterai, mungkin kamu akan segera merasakan dampkany. Sepereti merasakan baterai iPhone terasa lebih hemat dari sebelumnya. Tentu saja, karena indikator baterai sudah menunjukkan persentase sebenarnya. Dan sudah menjadi lebih jujur. Tapi, ada beberapa hal yang cukup penting untuk diperhatikan tentang kalibrasi.

  • Kalibrasi baterai adalah metode yang biasa dilakukan pada baterai bertipe Lithium-Ion.
  • Tidak boleh sering mengkalibrasi baterai, karena prose kalibrasi tersebut jika sering digunakan akan berdampak buruk bagi si baterai sendiri.
  • Lakukanlah kalibrasi sebanyak 1-2 kali dalam beberapa bulan. Jika kamu merasakan indikator persentase baterai iPhone mulai error.

Dengan melakukan kalibrasi baterai pada iPhone, maka iPhone akan menjadi lebih awet. Walaupun tidak seperti saat pertama kali kita membeli iPhone. Sebaiknya hindari juga kebiasan buruk yang tidak baik untuk baterai iPhone kita.

Baca Juga: Cara Termudah mengatasi “ Sayangnya Kamera Telah Berhenti”

Jika setelah melakukan kalibrasi kamu merasakan perbedaan yang cukup signifikan. Berarti tips yang kmai sampaikan ini sangatlah bermanfaat. Semoga Cara Kalibrasi Baterai iPhone yang Baik  bisa memberikan lebih banyak lagi kegunaan. Selamat mencoba.