Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di Android

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti, di Android – Salah satu hal yang sangat mengesalkan di smartphone adalah Force Close. Jika kamu pernah Mengalami Penutupan Aplikasi Secara Tiba – Tiba, pasti tahu dengan  yang saya maksudkan. Tapi hal ini sudah menjadi hal yang wajar dialami pengguna android.

Kenapa hal ini bisa terjadi. Itulah yang sering menjadi tanda tanya besar oleh para pengguna smartphone android. Karena pasti ada sebab masalah yang membuat aplikasi tersebut tertutup tiba – tiba atau force close. Ada beberapa penyebab umum yang sering membuat aplikasi berhenti tiba – tiba.

Penyebab semua aplikasi android berhenti

  1. Kapasitas RAM Android Penuh. Biasanya disebabkan oleh banyak aplikasi yang berjalan di layar background.
  2. File Cache Menumpuk. File – file sementara yang  jarang dihapus akan membuat memori penuh dan mengakibatkan aplikasi berat dan tidak merespon.
  3. Aplikasi Tidak Kompatibel. Aplikasi yang kurang kompatibel dengan sistem android tentu dapat menyebabkan error. Biasanya terjadi pada aplikasi yang sudah lama dan tidak diperbaharui.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut, jujur saja saya juga pernah mengalaminya. Tepatnya saat sering bermain game, karena memang game sangatlah membuatukan daya RAM yang besar. Karena itulah kami akan membagikan Cara Mengatasi Aplikasi Android Berhenti Sendiri.

Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti, di Android

Ada beberapa metode yang bisa diterapkan untuk menangani hal ini. Namun tidak ada jaminan keberhasilan yang 100%. Tapi biasanya sudah bisa mengatasi force close secara umum. Dan tidak ada salahnya untuk dicoba. Karena memang setiap metode akan berhasil jika sesuai penyebab error itu sendiri. Caranya bisa disimak seperti berikut:

Membersihkan file cache / file sampah

Untuk metode Solusi yang pertama adalah menghapus semua cache / file sementara pada aplikasi Android. Untuk cara mudah ialah menggunakan aplikasi seperti Clean Master, Ccleaner dan lain lain.

Selain Aplikasi tersebut memang khusus dengan mudah menghapus cache Android. Kelebihan lainya ialah dapat menghapus tumpukan cache semua aplikasi sekaligus dengan mudah dan cepat. Dan setelah file cache dibersihkan. Bisa langsung mencoba kembali aplikasi yang error tersebut.

Namun jika tidak menggunakan aplikasi cleaner. Maka untuk membersihkan file cache aplikasi secara manual bisa dengan:

Buka Pengaturan » Manajemen Aplikasi » Cari Aplikasi yang Error» Kemudian “Hapus Cache”.

Hapus Data Aplikasi yang Error

Cara mengatasi aplikasi terhenti selanjutnya adalah Hapus Data. Metode ini hampir sama dengan metode pertama. Yaitu menghapus data aplikasi. Cara ini cukup manjur mengatasi aplikasi yang berhenti tiba tiba. Apalagi jika muncul pesan error seperti di atas. Lalu fungsi menghapus data aplikasi akan menghilangkan semua data yang berkaitan dengan aplikasi tersebut.  Yakni  file sampah, history, login info, bookmark, dan lain sebagainya.

Buka Pengaturan » Manager Aplikasi » Cari Aplikasi yang akan ditutup » Pertama tap dulu “Paksa Berhenti” baru tap “Hapus Data”.

Update dan Instal Ulang Aplikasi bermasalah

Cara mengatasi aplikasi telah berhenti yang ketiga ialah update/ re-instal aplikasi.Cara ini sebenarnya terbilang sangat ampuh dan mudah untuk dilakukan. Namun sebelum memutuskan untuk meng instal ulang aplikasi. Coba dulu untuk meng-update aplikasi. Jika belum berhasil barulah dilanjutkan dengan menghapus aplikasi. Untuk selanjutntya kembali menginstal ulang.

Dengan meng update atau instal ulang biasanya otomatis akan menghilangkan kerusakan, error, atau bugs yang ada pada aplikasi yang tiba-tiba berhenti.

Baca Juga: Cara Ampuh kalibrasi Beterai Hp Android secara Lengkap

Inilah beberapa tips dan metode dari kami mengenai cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti. Semoga metode diatas bisa segera menghilangkan pesan error “sayangnya aplikasi telah berhenti”. Selamat mencoba dan terima kasih.