Mengatasi Pesan Error “Sayang nya Pengaturan Telah Berhenti” di Android

Cara Mengatasi Pesan Error “Sayang nya Pengaturan Telah Berhenti” di  Android. Menu seting atau setelan adalah aplikasi dasar yang memiliki peran sangat vital untuk mengatur Hp android. Bagaiman tidak, semua aktivitas untuk mengatur android seperti kostumisasi tampilan, manager aplikasi, pengaturan  SIM Card, dan lainnya diatur lewat menu ini.

Dan tentu akan menjadi masalah cukup serius, jika justru fitur Setting / Pengaturan ini mengalami masalah error dan tidak bisa dibuka. Otomatis banyak hal yang tidak akan bisa kita sebagai pengguna lakukan sama sekali. Biasanya tanda error ialah setiap hendak membuka pengaturan akan muncul pesan error “Sayangnya Pengaturan Telah Berhenti” atau bahasa inggrisnya “Unfortunately, Setting Has Stopped”.

Lalu apakah sebaiknya langsung membawa masalah ini ke service center terdekat. Sebiknya saran dari kami untuk mencoba beberapa metode dari kami berikut ini. Karena biasanya service pun tetap akan melakukan hal yang sama, seperti yang akan kita lakukan. Yakni melakukan Factory Reset.

Cara Mengatasi Pesan Error “Sayang nya Pengaturan Telah Berhenti”

Mengatas Error “Sayang nya Pengaturan Telah Berhenti”

Cara Mengatasi Menu Setelan Telah Berhenti di Android

Jika kamu terus mendapatkan pesan error “Sayangnya Setelan Telah Berhenti” , itu pertanda ada problem pada sistem android kesayangan. Masalah ini bisa terjadi pada semua merk Hp android seperti OPPO, Asus, Lenovo, Samsung dll.

Dan sumber penyebabnya juga bisa bermacam – macam. Yang namanya sistem perangkat android, hampir sama seperti sistem pada komputer atau laptop. Banyak hal kecil dapat menyebabkan error, dan kerusakan pada sistem seperti terkena virus, dan lainya. Untuk mengatasinya, bisa mengikuti beberapa Metode solusi dari kami mangatasi Pengaturan Smartphone Android yang tidak bisa dibuka.

Hard Factory Reset Ponsel Android

Cara pertama pertama yang kamu coba lakukan adalah dengan melakukan reset pabrikan pada gadget smartphone. Factory Reset merupakan cara mengembalikan Hp Android ke setelan awal. Dengan begitu Hp akan kembali seperti baru saja kamu beli.

Tapi bagaimana cara melakukan Factory Reset jika tidak bisa masuk ke pengaturan? Tentu saja tetap bisa, walaupun tentu tidak semudah lewat pengaturan. Yakni dengan opsi masuk ke menu Recovery Mode. Yang mana salah satu pilihanya ialah bisa berguna melakukan reset factory.

Sebagai catatan karena cara ini bukan melalui pengaturan. Untuk bisa masuk menu Recovery Mode, setiap merk Android biasanya juga memiliki cara yang berbeda – beda.

Tetapi biasanya tetap menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume. Untuk itu silahkan dicoba dulu car dibawah. Jika tidak berhasil bisa google sesuai merk Hp.

Pertama matikan HP Android lalu:

  • Tekan tombol kombinasi untuk masuk ke recovery mode bersamaan. Contoh “Power + Volume Down” secara bersamaan beberapa detik.
  • Terus tekan sampai muncul ke menu “Recovery Mode”.
  • Tekan tombol Volume Up dan Down untuk ke atas dan kebawah.
  • Lalu pilih “Wipe Data” Kemudian tekan tombol power untuk “OK” atau konfirmasi.
  • Tunggu hingga selesai dan Android melakukan reboot ulang
  • Selesai.

Melakukan Flashing Android

Untuk cara kedua, kamu bisa melakukan flashing Android. Namun sebelum melakukan metode flashing, pastikan kamu mempunyai ROM firmware sesuai HP Android.

Untuk itu silahkan googling dan unduh ROM yang sesuai. Ketikkan saja firmware sesuai dengan merek HP Android. Jika sudah silahkan ditaruh dibagian terluar di kartu memoeri.

  • Copy ROM untuk Flashing ke Memori Eksternal (SD Card)
  • Masuk ke menu recovery seperti metode pertama
  • Tekan tombol Volume Up dan Down untuk ke atas dan kebawah.
  • Lalu pilih “Wipe Data And Cache” » “Wipe Data And Cache” » lanjut pilih “Yes”.
  • Kemudian “Instal from SD”.
  • Pilih dan Klik Stock ROM yang sudah ditaruh pada SD Card dengan pilih YES.
  • Silahkan tunggu proses upgrade sistem sampai selesai, hingga HP akan menyala sendiri.
  • Selesai.

Itulah dua metode yang dapat kamu utnuk mengatasi error pada menu pengaturan Hp android. Cara  diatas tentu bisa dicoba di semua jenis hp Android. Namun jika ternyata masalah masih belum bisa diperbaiki, sebaiknya segera bawa smartphone ke service center.

Baca Juga:Mengatasi Wifi Android yang tidak bisa Nyala

Sekian saja ulasan singkat dari kami mengenai Cara Memperbaiki Setelan Android Telah Berhenti dan Error, semoga bisa membantu kamu yang sedang mengalami masalah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!