Setting Opsi Pengembang Di Hp Android Lengkap

Setting Opsi Pengembang Di Hp Android – Opsi pengembang memang cukup jarang terdengar bagi kita para pengguna awam smartphone android.  Tapi jika kamu mulai sering mengalami masalah kinerja ponsel yang melambat, maka bisa menggunakan bantuan opsi pengembang ini.

Developer options atau istilah bahasa indonesianya ialah Opsi pengembang adalah salah satu fitur tersembunya yang dimilki android. Opsi ini memang secara default berada dalam pengaturan sistem Android. Manfaat Opsi pengembang pun sangat banyak, selain bisa untuk menampilkan fitur-fitur tertentu, memiliki akses lebih dalam Android, kamu bisa juga mengaturnya untuk mempercepat kinerja android.

Kinerja ponsel Android memang sangat rentan seiring waktu. Semakin lama digunakan secara berlebihan maka akan membuat kinerja semakin melambat. Jika dirasa sebab kurang responsive nya hp bukan karena virus, malware dll. Kamu bisa meningkatkan kinerja android dengan cara mensetting Opsi Pengembang Android ini.

Lalu seperti apa siah sebenarnya fitur-fitur yang bisa kamu lakukan dengan mengatur opsi pengembang ini? Untuk itulah kami kali akan sedikit memberikan informasi mengenai setting Opsi pengemabng atau developer option di Hp kseyangan anda.

Setting Opsi Pengembang pada ponsel Android

Setting Opsi Pengembang pada ponsel Android

Tips menSetting Opsi Pengembang pada ponsel Android

Sebelum langsung memasuki cara mengatur opsi pengembang di android. Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah mengaktifkan terlebih dahulu opsi pengembang ini. Sebagaimana sudah saya katakan diawal, opsi pengembang ini tersembunyi.

Langkah-langkah untuk mengaktifkan Developer options pun tidak sama persis, namun tetap bisa mengikuti langkah dibawah ini, karena hanya akan terdapat perbadaan di letak / lokasi menunya saja.

  • Pertama silahkan buka menu Settings pada hp
  • Tap kebawah sekali yaitu pilihan “About phone,” atau “Tentang ponsel,”
  • Setelah Masuk ke menu about, acari dan piliha sub menu “Nomor bentukan” atau “Build number.”
  • Nah pada sub menu “Nomor bentukan” atau “Build number,” silahkan klik 5 – 7 kali, biasanya Android akan menampilkan pesan berapa kali harus meng-klik untuk memunculkan opsi
  • Silahkan klik hingga muncul pesan anda telah menjadi pengembang

Setelah Anda menampilkan menu pengembang (developer). Biasanya pilihan “Opsi pengembang” atau “Developer options” pada menu Settings utama, diatas about phone.

Lalu dengan Developer options selanjutnya harus bagaimanan?

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan mengaktifkan Developer options. Tetapi kami akan sedikit menjelaskan kenapa opsi pengembang ini tidak dari awal ditampilkan. Developer options sebenarnya berisi beberapa fitur khusus yang disediakan untuk para ahli atau pengemang yang terlatih.

Tujuannya tentu agar si pengembang bisa lebih mengembangkan kemampuan android secara maksimal. Tapi bagi kita yang tidak mengerti sangat baik jika tidak mengubah apa pun. Namun jika masih nekat ingin tahu, sebaiknya ingat dulu pengaturan bawaannya. Sehingga bisa menjadi backup jika terjadi sesuatu yang tidak beres. Mari kita ulas satu persatu menu di opsi pengembang :

  1. Opsi Pointer location berfungsi menampilkan informasi berkaitan dengan koordinat layar yang di Sangat berguna untuk melakukan kalibrasi layar dengan memahami posisi sentuhan dan gerakan.
  2. Kedua, opsi Show Touches bisa dijelaskan dari namanya. Fitur Show Touches berguna untuk memunculkan tampilan sentuhan Anda di layar.
  3. Take bug report berfungsi mengumpulkan data dan memberikan laporan lengkap berisi aplikasi yang di
  4. Desktop backup password adalah opsi yang bisa kamu jadikan pilihan yang tepat untuk urusan backup. Kamu bisa menggunakannya untuk memasukkan sandi yang nantinya bisa dipakai untuk me-restore data yang tersimpan.
  5. Stay awake memungkinkan perangkat tetap terus dalam keadaan aktif menyala saat perangkat terhubung charging, baik melalui charging USB komputer mau pun pengisian daya biasa.
  6. Enable Bluetooth HCI snoop log memiliki kemampu untuk mengaktifkan log pada Bluetooth Host Control Intervice. Sehingga kamu bisa mengetahui aktifitas bluetooth perangkat kamu.
  7. USB debugging, fitur satu ini tentu sudah banyak yang mengetahuinya. Sangat berguna untuk menjalankan fitur Android Debug Bridge.
  8. Allow mock locations adalah opsi pilihan mengatur lokasi secara manual. Bahkan, jika kamu cukup ahli mensettingnya kamu bisa memasukkan lokasi palsu.
  9. Select debug app berguna untuk memilih aplikasi yang diperbolehkan untuk melakukan debug. Fungsinya untuk melihat dan memahami kondisi aplikasi tersebut, apakah aplikasi berjalan secara baik tanpa ada bug.
  10. Verify apps over USB ialah fitur verifikasi aplikasi yang telah terpasang di

Walau banyak hal yang bisa dilakukan melalui Developer options. Tapi saran dari kami sebagai orang yang awam. Diharapkan sedikit berhati-hati dan waspada saat hendak mengatur Opsi pengembang. Karena selain bisa meningkatkan kemampuan Android jika dilakukan dengan benar dan tau tujuanya. Tetapi jika salah dalam melakukan setting bisa menyebabkan kerusakan. Jadi silakan Anda mencobanya sendiri.

Baca Juga :5 Aplikasi Download Video Di Iphone

Sekian saja pembahasan kita kali mengenai cara mensetting opsi pengembang pada ponsel android.  Semoga sedikit informasi ini bisa membantu. Terima kasih banyak atas kunjuganya di androidnblog.