Mengatasi Hp Android Tidak Bisa Masuk Recovery Mode

Mengatasi Hp Android Tidak Bisa Masuk Recovery Mode – Sebagai pengguna android mungkin pernah mengalami msalah yang satu ini. Yaitu tidak bisa masuk recovery mode atau recovery mode android rusak. Semua Android pastilah memiliki recovery mode, yang biasanya sengaja disembunyikan. Fungsi fitur ini pun sangat penting digunakan untuk banyak, seperti yang paling sering untuk me-reset ponsel.

Memang tidak ada yang tahu penyebab pasti mengapa Hp Smartphone Tidak Bisa menuju Recovery Mode. Apa memang karena tombol kombinasi yang tidak bekerja, atau memang akibat mengotak atik ponsel, dll. Saya sendiri serin bergonta-ganti Custom rom, juga sering instal cmw atau TWRP.Namun dari banyaknya keluhan ialah karena tombol yang rusak atau mengalami error.

Sebelum kita menuju ke cara memperbaiki hp android yang tidak bisa masuk recovery dibawah. Silahkan coba diulang kembali beberapa kali untuk masuk ke mode recovery ponsel kamu. Dengan bantuan tombol kombinasi masing masing Hp. Karena siapa tahu hanya kurang pas saja dalam menekan tombolnya bersamaan. Kalau masih tidak bisa, baru lanjut ke pembahasan kita kali ini.

Baca Juga :

Hp Android Tidak Bisa Masuk Recovery

Hp Android Tidak Bisa Masuk Recovery

Cara Mengatasi Hp Android Tidak Bisa Masuk Recovery

Ada lebih dari 3 cara yang akan kami bagikan, untuk mengembalikan recovery mode android yang rusak atau erro. Dimulai dari yang paling mudah, dan yang terakhir paling ampuh. Namun Membutuhkan sedikit biayay, yaitu ke srvice center.Silahkan dicoba cara mana yang akan dilakukan.

Dengan bantuan via Aplikasi

Untuk cara pertama akan menggunakan bantuan aplikasi. Aplikasi yang akan dipakai ini bernama Quick Boot. Jadi terbilang sangat mudah, karena namanya menggunakan aplikasi tinggal diinstall dan jalankan.

Pada aplikasi Quick boot ini nanti ada beberapa pilihan, diantaranya yaitu Restart, Bootloader,Power Off dan terakhir Recovery. Silahkan pilih menu yang recovery. Setelah itu otomati akan mematikan ponsel android. Dan jika berhasil  akan langsung masuk ke recovery mode. Namun jika belum berhasil hp hanya akan merestart saja seperti biasa.

Mengembalikan Recovery Mode dengan ADB

Jika Hp Android kamu Tidak Bisa ke Recovery Mode bisa menggunakan cara kedua ini. Dengan cara masuk lewat bantuan ADB. Namun untuk menggunakan ADB harus dengan bantuan PC atau laptop. ADB ini sendiri ialah cara untuk memperbaiki android dengan masuk ke Recovery Mode, jika memang ada masalah pada mode recovery itu sendiri. Namun jika diras terlalu repot atau karena tidak memiliki PC, silahkan menggunakan cara yang lain saja.

Menggunakan USB Jig

Cara ketiga ini pun akan menggunakan bantuan alat kecil. Yaitu yang kita gunakan ialah USB Jig. Usb jig ini adalah benda kecil yang di colokkan ke port smartphone. Fungsi USB Jig ini biasa digunakan untuk menghidupkan Hp androdi yang terkena mati total. Sehingga bisa juga digunakan untuk memaksa masuk ke Recovery Mode. USB Jig ini bisa dibeli dengan harga yang terjangkau murah.

Pergi ke Service Smartphone Android

Jika cara diatas gagal semua, ada tips lain yang bisa  digunakan yakni trik flashing. Namun kami tidak akan memebrikan rincian caranya. Karena menurut saran kami lebih baik dibawa ke service center kepercayaan kamu. Daripada repot menggunakan cara flash. Kecuali memang kamu sudah ahli melakukanya. Silahkan datang ke tempat servis Hp android dan langsung ceritakan permasalahan yang terjadi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Wifi Android yang tidak bisa Nyala atau Hidup

Ini saja empat metode untuk mengatasi android yang Tidak Bisa Recovery Mode. Semoga apa yang kami berikan ini bisa memperbaik recovery mode andori rusak anda. Sekian dan terima kasih.